Macam-Macam Lem Dan Kegunaannya, Termasuk Lem Pipa

Benda bernama lem, termasuk jenis lem pipa memang sudah jadi teman setia dalam hari-hari kita. Dari lem tradisional yang berbahan nasi untuk merekatkan kertas, hingga lem yang berbahan kimia. Masing-masing jenis lem punya kegunaan khusus. Kali ini akan dibahas macam-macam lem dan kegunaannya dalam keseharian. 

  • Lem Kuning

Lem Kuning Serba Guna
Lem Kuning Serba Guna

Lem kuning termasuk lem yang baunya sangat kuat dan menyengat. Bahan aktifnya adalah Polychloroprene Contact Adhesive. Lem kuning biasa dipakai untuk merekatkan material dari bahan karet, kulit, busa, vinly, karpet, formika dan lainnya. Selain baunya menyengat juga sangat mudah terbakar. Jauhkan dari anak-anak dan pecandu. Soalnya lem kuning sering disalahgunakan untuk mabuk.

  • Lem Kayu Putih

Lem Kayu Putih
Lem Kayu Putih

Seperti namanya, lem ini berguna untuk merekatkan permukaan berbahan kayu. Selain mudah dan murah, lem putih juga aman bagi kesehatan. Ketika dalam proses perekatan lem meluber, maka mudah dihilangkan sehingga tidak mengurangi penampilan furnitur. Lem kayu putih berbahan dasar Polyvinyl Acetate (PVA/PVAC). Kegunaan lain lem putih adalah sebagai campuran plamir tembok dan cat tembok agar lebih kuat melekatnya.

  • Lem PVC

Lem Pipa PVC Ruglue
Lem Pipa PVC Ruglue

Lem PVC berwarna bening, kental dan baunya agak tajam. Lem PVC biasanya mengandung Chloroform yang berfungsi melarutkan pipa. Sehingga permukaan yang diolesi lem ini akan menyatu sempurna dengan pipa lain. Salah satu merek lem pipa yang paling direkomendasikan para pengguna adalah TruGlue dari Rucika. Hati-hati ya, lem ini sangat mudah terbakar, jadi jauhkan dari api.

  • Lem Kaca

Lem Kaca
Lem Kaca

Seperti namanya, lem kaca dipakai untuk merekatkan permukaan berbahan kaca. Lem kaca disebut juga Lem Sealant atauLem Silikon. Berbagai benda yang memanfaatkan lem kaca ini misalnya pembuatan akuarium, lemari kaca, dan kerajinan dari kaca. Meskipun pada dasarnya diperuntukkan bagi kaca, namun lem kaca juga biasa dipakai untuk merekatkan kanvas, karet, keramik dan sebagainya. Biasanya lem kaca berwarna putih bening ataupun kuning. 

  • Lem Power Glue

Lem Power Glue
Lem Power Glue

Untuk merekatkan sambungan besi dan permukaan besi, dipakailah namanya lem besi atau lem Power Glue. Benda berbahan besi, alumunium, tembaga, dan logam lain bisa direkatkan dengan lem besi dengan sempurna. Juga sering dipakai untuk merekatkan keramik, plastik dan karet. Karena daya rekatnya sangat tinggi, tidak boleh mengaplikasikan lem besi langsung dengan tangan. Sebab sangat sulit dibersihkan dan jari yang merekat sulit dibuka.

  • Lem Korea

Lem Korea
Lem Korea

Kegunaan lem korea ini sama persis dengan lem Power Glue. Hanya saja lem korea lebih familiar di masyarakat karena mudah didapat dan kemasannya ekonomis. Bentuk kemasannya seperti obat untuk tetes mata atau telinga. Jadi hati-hati, jangan salah pakai ya. Sifatnya mudah mengering dan daya rekatnya sangat kuat. Hanya saja kelemahan dari lem ini, setelah dibuka dan digunakan, sisanya tidak akan bisa dipakai lagi dalam beberapa hari ke depan. Biasanya tidak sampai seminggu sudah mengeras dan tidak bisa dipakai.

  • Lem Kertas

Lem Kertas
Lem Kertas

Lem ini sangat sering kita gunakan. Dibanding lem lain, lem kertas paling ringan kandungna kimianya. Berbagai macam dan bentuk lem kertas beredar di pasaran. Ada yang praktis model roller, ada yang padat, ada juga yang berbentuk cair dalam kemasan yang mudah digunakan tanpa menggunakan tangan langsung.

Itulah beberapa macam lem yang sering kita jumpai dan digunakan dalam keseharian. Untuk lem pipa, yang paling direkomendasikan adalah Ruglue dari Rucika. Semoga bermanfaat.

Post a Comment

1 Comments